Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bumi dan Alam Semesta melalui Variasi Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Make a Match pada Siswa kelas V SDN Jumba 1 Amuntai

ptk-logoABSTRAK

Badarina, ST. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bumi dan Alam Semesta melalui Variasi Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Make a Match pada Siswa kelas V SDN Jumba 1 Amuntai. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I. Drs. Kaspul, M.Si, II. Drs. Ahmad Suriansyah. M.Pd, Ph.D

Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), make a match

Pembelajaran IPA konsep bumi dan alam semesta di SDN Jumba 1 masih di bawah KKM individu yaitu 70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan make a match. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan example non example dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Jumba 1 Amuntai dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan make a macth.

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Jumba 1 Amuntai yang berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan dari siklus I total skor penilaian yaitu 14 dengan kriteria cukup baik, pada siklus II meningkat dengan total skor penilaian 25 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I mayoritas aktivitas individu dikategorikan cukup aktif pada siklus II meningkat menjadi mayoritas sangat aktif. Secara klasikal dari 6 aspek yang diamati juga rata-rata meningkat dari siklus I ke siklus II. (3) Pembelajaran IPA dengan menggunaka model pembelajaran think pair and share dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 65% meningkat pada siklus II sebesar 91%.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran think pair and share dan make a match sudah memenuhi kriteria dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah memenuhi kriteria dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual. Disarankan dalam melaksanakan pembelajaran hendaknya guru mengurangi dominasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Diharapkan kepada guru Bidang Studi IPA untuk menjadikan pembelajaran dengan menggunakan variasi model pembelajaran think pair and share dan make a match ini sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran untuk materi lainnya sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam belajar.

downloadDownload

Iklan
Pos ini dipublikasikan di IPA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s