PTK model pembelajaran Group Investigation (GI)

ABSTRAK

 Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran hanya berlangsung satu arah atau masih berpusat pada guru (teacher centered) siswa bersifat pasif dalam pembelajaran, serta penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin yang berjumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan dari siklus I pertemuan 1 yaitu 48,6% (cukup baik), pada pertemuan 2 yaitu 56,9% (cukup baik). Pada siklus II pertemuan 1 meningkat yaitu 75% (sangat baik) dan pertemuan 2 yaitu 90, 3% ( sangat baik). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I mayoritas aktivitas individu dikategorikan cukup aktif pada siklus II meningkat menjadi mayoritas sangat aktif. (3) Pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 71,4% meningkat pada siklus II sebesar 92,9%.

Disarankan dalam melaksanakan pembelajaran, guru lebih meningkatkan dan mengembangkan strategi yang lebih bervariatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin, diharapkan siswa lebih meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran, sekolah perlu mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin dengan mengoptimalkan penggunaan media, strategi dan pendekatan yang disesuaikan dengan materi pembelajaran.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tanpa kategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s