Hasil Belajar IPA Konsep Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya melalui Model Pembelajaran Example non Example

index1Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan model pembelajaran kooperatif ini teradapat tipe pembelajaran yaitu example non example. Model pembelajaran ini digunakan, agar siswa lebih aktif karena dengan disajikan gambar-gambar untuk memotivasi siswa sebelum memulai pelajaran, diharapkan siswa tertarik dan dapat menganalisa apa yang dilihatnya, selain itu model pembelajaran example non example juga membantu guru menyampaikan materi pelajaran terutama untuk materi-materi yang lebih sulit untuk disimak dan dipahami oleh siswa dengan media verbal yaitu gambar, khususnya dalam pengajaran IPA agar dapat mencapai hasil belajar yang baik (Rusman, 2010: 65).

Model pembelajaran example non example merupakan konsep belajar kooperatif yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Subadi, 2010: 2). Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa.

DOWNLOADDOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di IPA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s