Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi

SKRIPSIMahasiswa FKIP Unlam Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam memilih bidang studi yang ditempuh tidak selalu dari minatnya sendiri tetapi karena ada faktor lain seperti adanya paksaan dari orang tua atau pengaruh dari teman. tinggi rendahnya minat untuk menjadi guru sangat mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam Banjarmasin.

Metode penelitian adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan intrumen penelitian melalui kuesioner dan dokumentasi. Tempat penelitian di FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Unlam Banjarmasin Kalimantan Selantan dengan populasi sebesar 294 mahasiswa sedang sampel penelitian diambil seluruh mahasiswa tahun 2010 yang telah melakukan kegiatan PPL 2 sebanyak 47 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa korelasi product moment dari Spearman Rank.

Hasil penelitian menunjukan bahwa minat mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi FKIP Unlam Banjarmasin untuk menjadi guru termasuk katagori tinggi 51,1%, katagori sedang 34%, katagori rendah 10,6% dan katagori sangat rendah 4,3%guru memberikan contoh nyata tindakan yang tidak melanggar kedisiplinan di sekolah, Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa, tergolong istemewa 23,4%, tergolong baik 53,2%, tergolong cukup baik 23,4% dan tidak ada mahasiswa tergolong rendah dan Terdapat korelasi antara antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Unlam Banjarmasin sebesar 0.451 dengan katagori cukup

DOWNLOADDOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s