Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya melalui Variasi Model Pembelajaran Think Pair and Share dan Example non Example

ptk-logoPembelajaran IPA Konsep Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya di SDN Jumba 1 masih di bawah KKM individu yaitu 70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan example non example. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan example non example dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jumba 1 Amuntai dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan example non example.

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Jumba 1 Amuntai yang berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

DOWNLOADDOWNLOAD

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di IPA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s