MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERSITIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI VARIASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MAKE A MATCH

index1Pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi di SD Barunawati Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu 70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan make a match. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan make a match dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Barunawati Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan make a macth.

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SD Barunawati Banjarmasin yang berjumlah 24 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan dari siklus I total skor penilaian yaitu 16 dengan kriteria cukup baik, pada siklus II meningkat dengan total skor penilaian 29 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I mayoritas aktivitas individu dikategorikan cukup aktif pada siklus II meningkat menjadi mayoritas sangat aktif. Secara klasikal dari 6 aspek yang diamati juga rata-rata meningkat dari siklus I ke siklus II. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 66,7% meningkat pada siklus II sebesar 91,7%.

DOWNLOADDOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di IPS, Tanpa kategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s