MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)

index1Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran hanya berlangsung satu arah atau masih berpusat pada guru (teacher centered) siswa bersifat pasif dalam pembelajaran, serta penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Basirih 10 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setting penelitian yaitu di kelas IV SDN Basirih 10 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru siklus I pertemuan 1 persentase penilaian mencapai 46,4% (cukup baik), pada pertemuan 2 yaitu 57,1% (cukup baik), dan siklus II pada pertemuan 1 yaitu 75% (baik), pada pertemuan 2 yaitu 89,3% (sangat baik). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran konsep perkalian dan pembagian bilangan mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa baik klasikal maupun individual dari siklus I nilai yang diperoleh dari 5 aspek parameter yang diamati rata-rata mengalami peningkatan keaktifannya pada siklus II. (3) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 60% meningkat pada siklus II sebesar 86,7%.

DOWNLOADDOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di matematika dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s