MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS 5

ptk-logoPembelajaran membaca pemahaman di SDN Sekata Baru 1 Batola masih di bawah KKM individu yaitu 70. Untuk itu perlu diupayakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Sekata Baru 1 Batola dengan menggunakan model pembelajaran (Cooperative Integrated Reading and Composition)

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas 5 SDN Sekata Baru 1 Batola yang berjumlah 20 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Aktivitas pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan yaitu 90,4% dengan kriteria dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas belajar baik secara klasikal maupun individual dengan krieria sangat aktif. (3) Hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunaka model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) meningkat dengan nilai pencapaian ketuntasan yaitu 90%.

downloadUNDUH

Iklan
Pos ini dipublikasikan di bahasa indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s