MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI VARIASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS)

index1Hasil pembelajaran membaca pemhaman di SDN Sebamban Baru Kabupaten Tanah Laut masih di bawah KKM individu yaitu <70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan variasi model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Think Pair and Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sebamban Baru Kabupaten Tanah Laut dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Think Pair and Share (TPS).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sebamban Baru Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 26 orang siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa secara individual dan klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (3) Pembelajaran membaca pemahaman dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 61,52% meningkat pada siklus II sebesar 88,5%.

DOWNLOADDOWNLOAD

Iklan
Pos ini dipublikasikan di bahasa indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s