Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Picture and Picture

index1Hasil belajar menulis karangan deskripsi yang telah dilaksanakan guru di kelas IV SDN Basirih 8 Banjarmasin menunjukkan angka yang perlu adanya tindakan segera oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal. Hal ini terlihat dari tingkat kemampuan menulis karangan deskripsi dimana hanya 45% siswa dinyatakan mampu mengerjakannya dengan baik sedangkan 55% siswa belum mampu menulis karangan deskripsi dengan baik (terlampir).

Hal ini menunjukkan bahwa benar materi tersebut mengalami masalah, apabila dibiarkan akan membawa dampak serius pada anak pada semester selanjutnya, siswa akan selalu kesulitan dan belum mampu untuk mendeskripsikan orang, suatu benda atau situasi dengan baik dan benar kedalam bentuk tulisan.

Model pembelajaranpicture and picture merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Keterampilan kooperatif ini berfungsi untuk melancarkan hubungan kerja dan tugas. Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komunikasi antar kelompok. Sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar kelompok selama kegiatan.

 

downloadUNDUH

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di bahasa indonesia dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s