Model Pembeajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) Bervariasi dengan Model Snowball Throwing Serta Media Audio Visual

index1Model Pembelajaran Snowball Throwing merupakan pengembangan dari model pembelajaran diskusi dan juga merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif. Pada model ini kegiatan diatur sedemikian rupa agar proses pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan (Shoimin, 2014:174).

Melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing ini, siswa dapat menyampaikan pertanyaan atau permasalahannya dalam bentuk tertulis yang nantinya akan didiskusikan bersama. Dengan demikian, siswa dapat mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialaminya dalam memahami materi pelajaran. Dengan model ini pula guru dapat melatih kesiapan siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Penyajian materi awal oleh guru tanpa media akan menjadikan pembelajaran abstrak yang sulit dipahami oleh sisiwa. Untuk itu diperlukannya sebuah media pembelajaran sebagai bentuk pengkonkritan materi yang disampaikan, sebab tanpa adanya sebuah alat bantu berupa media sama saja membelajarkan siswa untuk menghayal-hayal.

downloaddownload

Iklan
Pos ini dipublikasikan di IPS dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s