PERAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DIKELAS XII IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN

SKRIPSIMenanamkan disiplin siswa di sekolah sangat penting karena guru dan peserta didik mempunyai peranan yang saling melengkapi. Namun pada kenyataannya siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin selama mengikuti pembelajaran PKn masih ada yang melakukan pelanggaran kedisiplinan seperti disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan etika berbicara, sehingga boleh dikatakan karakter disiplin siswa masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kedisiplinan siswa yang berkaitan dengan kedisiplinan waktu, etika berbicara dan kedisiplinan berpakaian dan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran PKn.

Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi sesuai objek penelitian, data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pelanggaran kedisiplinan oleh siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin berkaitan dengan kedisiplinan waktu seperti; sering terlambat masuk kelas, suka berbicara dengan teman saat belajar, sering keluar kelas tanpa izin waktu belajar, tidak memperhatikan pelajaran dikelas, tidak mengerjakan tugas diberikan guru, suka berbicara dengan teman saat belajar. Pelanggaran etika berbicara seperti; suka bercanda tidak pada tempatnya, suka memotong pembicaraan, bicara kasar dan bicara ingin menang sendiri. Kedisiplinan berpakaian seperti; berpakaian yang tidak rapi, rambut panjang dan melepas jilbab, seragam yang dicoret-coret, atribut seragam yang kurang lengkap seragam terlalu kentat dan salah memakai seragam pada waktunya. Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa seperti; melakukan pengawasan dalam belajar di kelas, melakukan razia kepada para siswa di kelas, memberikan nasehat pada siswa, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran kedisplinan, memberikan pengertian tentang pentingnya kedisiplinan dan guru memberikan contoh nyata tindakan yang tidak melanggar kedisiplinan di sekolah

ac17d-downloadnowUNDUH

Iklan
Pos ini dipublikasikan di PKn dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s