SUMBER-SUMBER BELAJAR UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH

index3Pembelajaran sejarah selalu menjadi bagian dari komponen yang terkait secara padu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran sejarah mempunyai arti khusus dalam pembentukan watak dan jati diri bangsa, karena pendidikan sejarah mampu memupuk perasaan bangga terhadap tanah air melalui rentetan peristiwa peristiwa sejarah. Sejarah sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan yang dipersiapkan dalam kurikulum pendidikan nasional mempunyai peranan penting dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Dewasa ini, masih banyak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih menitikberatkan pada pembelajaran konvensional dalam mengantarkan pelajaran sejarah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sejarah masih terbatas. Selain itu, orientasi pembelajaran masih terpusat pada guru dan pembelajaran hanya bersifat satu arah saja,dimana guru menjadi subjek yang sentral dalam proses pembelajaran. Materi sejarah dianggap kurang begitu menarik karena materi sejarah dianggap masa lalu dan tidak bermakna. Siswa merasa jenuh karena tidak ada inovasi dalam pembelajaran sejarah. Hal ini menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari sejarah.

downloaddownload

Iklan
Pos ini dipublikasikan di PKn dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s