Belajar PKN Pada Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share

indexiPenyebab belum tercapainya nilai ketuntasan minimum (KKM) pada pembalajaran PKN ini adalah pembelajaran di SDN Handil Suruk 1 Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut hanya berlangsung satu arah, aktivitas siswa hanya mendengar, mencatat dan menghapal apa yang disampaikan oleh guru pengajar sehingga siswa cenderung pasif, jarang bertanya, mengemukakan pendapat atau menyanggah pendapat. Selain itu penyebabnya metode pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, akibatnya siswa cenderung pasif dan kurang berminat melakukan aktivitas sehingga nilai hasil belajar pun menjadi rendah.

Berdasarkan pertimbangan di atas, untuk menjadikan pembelajaran PKN menjadi sebuah pembelajaran yang kreatif, produktif, yang bersifat kooperatif, dan kolaboratif, maka perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang mampu merangsang aktifitas dan kreatifitas siswa dan mampu mengungkapkan pendapat secara verbal juga melatih siswa bertukar pikiran dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa adalah pendekatan pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Model pembelajaran think pair and share merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antara siswa (berpasangan) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran ini relatif sederhana karena tidak menyita waktu yang lama untuk mengatur tempat duduk atau mengelompokkan siswa. Pembelajaran ini melatih siswa untuk berani berpendapat atau menghargai pendapat teman ( Cholis, 2010: 12).

Berdasarkan uraian permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada Siswa Kelas IV SDN Handil Suruk 1 Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut”.

skripsi full :

PTKDownload

Iklan
Pos ini dipublikasikan di PKn. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s