Studi Tentang Evaluasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Pendekatan CIPP (Context – Input – Process – Product)

indexoEvaluasi CIPP (Context- Input –Process-Product) sangat diperlukan terutama dalam pelaksanaan program pendidikan seperti kegiatan belajar mengajar harus dievaluasi untuk mengetahui apakah tujuan dari kegiatan itu tercapai. Demikian pula halnya dalam kegiatan-kegiatan bimbingan disekolah secara berkala harus dievaluasi, untuk mengetahui sampai seberapa jauh tujuan-tujuan itu tercapai, jadi hasil evaluasi dapat diambil kesimpulan apakah kegiatan yang telah dilakukan itu dapat mencapai sasaran yang diharapkan secara efektif dan efesien atau tidak, kegiatan itu harus diteruskan atau tidak, dan sebagainya (Yudistira, 2007:86)

Menurut Sukardi (2008:96) keistemewaan dari evaluasi CIPP (Context- Input –Process-Product) dalam program bimbingan dan konseling di sekolah ialah memiliki pendekatan yang holistik dalam evaluasi, bertujuan memberikan gambaran yang sangat detail dan luas terhadap suatu proyek, mulai dari konteksnya hingga saat proses implementasi dan membantu melakukan perbaikan selama program berjalan, maupun memberikan informasi final.

Empat aspek Model Evaluasi CIPP (context, input, process and output) membantu pengambil keputusan untuk menjawab empat pertanyaan dasar mengenai tentang menentukan tujuan, prioritas dan sasaran, mengolah sumber daya dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan, monitoring program dengan mempelajari seberapa baik pelaksanaan telah sesuai petunjuk dan rencana dan mengukur/membandingkannya pada hasil yang diharapkan, pengambil-keputusan menjadi lebih mampu memutuskan jika program harus dilanjutkan, dimodifikasi, atau dihentikan sama sekali.

Harapan peneliti bahwa layanan bimbingan dan konseling dapat berfungsi secara efektif dan efisien untuk membantu kelancaran pendidikan dan pengajaran di sekolah salah satunya menghadapi siswa yang mengalami kesulitan sehingga memberi dampak baik secara langsung maupun secara tidak langsung yang akhirnya akan kembali pada keberhasilan pendidikan.

Berdasarkan pemikiran di atas, peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang “Studi Tentang Evaluasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Pendekatan CIPP (Context – Input – Process – Product)”

full skripsi :

DOWNLOADdownload

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tanpa kategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s