tingkat pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pemeriksaan hemoglobin (Hb)

imagesFrekuensi anemia di seluruh dunia dalam kehamilan cukup tinggi, berkisar antara 10% dan 20% (Wiknjosastro, 2005). Anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah sangat kurang. Normalnya, kadar hemoglobin dalam darah seseorang sekitar 12 g/100 ml. Bila kadar hemoglobin dalam darah berkisar 9-10 g/100 ml, penderita digolongkan anemia ringan. Bila kadar hemoglobin 7-8 g/100 ml, berarti menderita anemia sedang. Anemia berat bila kadar hemoglobin kurang dari 7 g/100 ml. Ibu hamil mudah mengalami anemia, karena saat hamil, volume darah dalam tubuh meningkat sekitar 50%. Hal ini karena tubuh memerlukan tambahan darah untuk mensuplai oksigen dan makanan bagi pertumbuhan janin. Meningkatnya volume darah berarti meningkat pula jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah. Selama hamil, dibutuhkan zat besi sebanyak 900 mg, dimana 500 mg digunakan untuk pertambahan sel darah merah ibu sedang 400 mg untuk janin dan plasenta.

Pengaruh kekurangan hemoglobin pada ibu hamil kemungkinan besar ia akan mengalami banyak gangguan, misalnya mudah pingsan, mudah mengalami keguguran, atau proses melahirkan berlangsung lama akibat kontraksi yang tidak bagus. Selain itu berdampak pula bagi janin, kondisi anemia ibu hamil yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan pertumbuhan janin terhambat, lahir prematur, lahir dengan cadangan zat besi yang kurang, atau lahir dengan cacat bawaan. Anemia tidak selalu menimbulkan gejala dan tanda, gejala yang terjadi biasanya samar-samar seperti keluhan tidak enak badan, pusing dan lain-lain. Karena alasan inilah pengukuran kadar hemoglobin harus dilakukan pada kunjungan pertama ke klinik antenatal yang umumnya pada trimester pertama kehamilan. Pentingnya melakukan pemeriksaan hemoglobin adalah untuk mengukur konsentrasi hemoglobin yang berfungsi mengukur jumlah zat besi dalam sel darah merah yang diperlukan seorang calon ibu dan janinnya. Jika konsentrasi hemoglobin rendah maka harus segera diobati sebelum terjadi efek yang serius. Banyak wanita diketahui pertama kali mengalami anemia berat pada trimester ketiga kehamilan, bahkan pada beberapa anemia yang berat itu tidak diketahui sampai persalinan. Karena itulah sangat penting mengetahui kadar hemoglobin ibu pada awal kehamilannya sebagai deteksi dini anemia (Manuaba, 1998).

Green dalam buku Notoatmodjo 2003, menjelaskan bahwa perilaku itu dilatar belakangi atau dipengaruhi oleh tiga faktor pokok yakni : faktor-faktor predisposisi (predisposing factors) yaitu pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi, faktor-faktor yang mendukung (enabling factors) yaitu ketersediaan sumber / fasilitas, dan faktor-faktor yang memperkuat atau mendorong (reinforcing factors) yaitu sikap dan perilaku petugas. Pengetahuan kesehatan akan berpengaruh kepada perilaku sebagai hasil jangka menengah (intermediate impact) dari pendidikan kesehatan. Selanjutnya perilaku kesehatan akan berpengaruh kepada meningkatnya indikator kesehatan masyarakat sebagai keluaran (outcome) pendidikan kesehatan (Notoatmodjo, 2003).

Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang penting untuk terbentuknya tindakan seseorang (overt behaviour). Perilaku yang didasarkan oleh pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan (Notoatmodjo, 2007).

Newcomb dalam buku Notoatmodjo 2007 menyatakan bahwa sikap merupakan kesiapan atau kesediaan untuk bertindak, dan bukan merupakan suatu tindakan atau aktivitas, akan tetapi merupakan predisposisi tindakan atau perilaku. Sikap terhadap kesehatan adalah pendapat atau penilaian orang terhadap hal – hal yang berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan. Dalam penentuan sikap yang utuh, pengetahuan berfikir, keyakinan, dan emosi memegang peranan penting.

file lengkap :

download

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s