10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini

Lambat namun meyakinkan, para produsen smartphone mulai berani menginjakan kaki di arena pertarungan gadget canggih yang sarat akan persaingan. Sistem operasi yang digunakan semakin canggih, fungsinya semakin lengkap, bahkan mulai mengarahkan diri untuk ‘melawan’ teknologi yang ada pada komputer desktop.

Kata orang-orang…

Handphone jadul terbilang udah gak keren lagi.

Gak bisa ini itu.

Sekedar telpon dan SMS, sama main game Snake.

Benarkah itu?

Sepertinya kita harus melihat ke belakang untuk membandingkan sedikit daya tarik handphone klasik jika dibandingkan dengan smartphone yang beredar saat ini.

Apa saja kelebihan handphone jadul itu?

#1 Gak perlu duit jutaan, harga handphone jadul sangat merakyat

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah, harga ponsel klasik dengan layar monochrome saat itu memang cukup tinggi, namun penurunannya begitu cepat dan masif. Sebut saja ponsel legendaris Nokia 3310 yang dihargai diatas 3 jutaan, sekarang ada yang menjualnya seharga 300 ribu.
Smartphone saat ini yang paling murah saja berada di kisaran Rp 700 ribu tetapi dengan segala fitur yang minim kalau dibandingkan gadget sejenis.

#2 Sekali charge bisa tahan 3 hari

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Ponsel jadul tidak menggunakan komponen hardware yang berat, apalagi tidak ada fitur yang sifatnya real-time, otomatis daya listrik yang dipakai juga sangat kecil. Jangan khawatir kalau baterainya tinggal 1 batang karena masih bisa bertahan seharian.
Jika handphone jadul cukup sekali charge dalam 3 hari, maka smartphone harus charge sebanyak 3 kali dalam sehari.

#3 Beli power bank? Buat apa?

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Kebanyakan pemilik smartphone pasti memiliki power bank (entah itu asli apa nggak, wkwkwkwk) tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menambah energi di dalam baterai kalau sewaktu-waktu habis dan di saat bersamaan tidak ada soket untuk steker charger.
HP jadul bisa bertahan berhari-hari meskipun terus digunakan. Untuk itulah membeli power bank jadi terasa gak berguna, hehehe…

#4 HP jadul tidak membuat pemakainya jadi kecanduan

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini

Ada orang yang berkata begini:

HP jadul bisa buat apa? Twitter-an gak bisa, buka Facebook gak bisa, main game online gak bisa, BBM mana ada, jelek pokoknya gak bisa ini itu, jadul!
Karena itulah kebanyakan pengguna HP jadul tidak terikat dengan handphone-nya. Berbeda dengan sebagian pengguna smartphone yang hampir dimanapun, dalam aktivitas apapun selalu menggeser-geser layar sekedar mengecek chatting, atau bermain game online.
Jika berlanjut, dapat mematikan esensi sosial kita lho!

#5 Tanpa asesoris tambahan

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Sudah bukan rahasia lagi kalau pengguna smartphone harus keluar biaya tambahan untuk membeli anti gores, fisheye, power bank, kabel data, smart watch, flip cover, dan sebagainya untuk menunjang aktivitas yang lebih banyak.
Enaknya pakai HP klasik, sekali beli… yaudah gak perlu beli yang lain lagi, semuanya udah komplit dalam satu paket.

#6 Stone Power! Dibanting berkali-kali tetap hidup!

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Paling minimal, HP jadul bisa bertahan selama satu tahun penggunaan meskipun sering jatuh atau sengaja dibanting (kalau lagi kesel). Aneh bin ajaib, layar tetap menyala dan tidak ada kerusakan internal yang serius. Hardware-nya sederhana dan longgar sehingga tahan terhadap benturan.
Bandingkan dengan smartphone yang super tipis, coba bayangkan hardware-nya dipadatkan dalam dimensi yang super langsing tersebut. Lalu ketika kena benturan maka kerusakan yang sifatnya komplikasi tak dapat dihindarkan :v

#7 Ngetik SMS tanpa melihat, tanpa typo juga!

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Smartphone masa kini sudah menggunakan teknologi layar sentuh, bahkan beberapa diantaranya sudah tidak menghadirkan tombol sama sekali. Karena bentuk layarnya yang datar, kita jadi sulit menemukan huruf-huruf ketika mengetik pesan. Jadi terpaksa harus menghadapkan wajah ke smartphone.
Berbeda dengan ponsel jadul yang masih berbasis tombol-tombol sebagai inputnya, kita bisa mengetik dengan mudah bahkan tanpa typo, seolah sudah ahli dalam melakukannya.

#8 Aman dari virus dan malware

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Kok bisa? Ya jelas lah, saat ini para pelaku penyebaran maupun pembuat virus sedang fokus menyerang smartphone karena basis jumlah penggunanya sangat banyak. Sobat yang menggunakan HP jadul bisa lega karena nyaris tidak mungkin diserang virus dan malware.

#9 Dipakai lama tapi gak panas

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Processor untuk HP jadul tergolong ringan, aktivitasnya juga sederhana, resources yang digunakan sangat rendah, selain itu komponennya yang tidak berdempetan membuat panas tidak cepat merambat dan merusak komponen lain meskipun sobat pakai lama untuk nelpon atau main game.

#10 Tidak usah pusing untuk upgrade dan update

10 Kelebihan Handphone Jadul yang Gak Dimiliki Smarphone Masa Kini
Sistem operasi HP jadul sifatnya konsisten, dalam satu versi sama sekali tidak ada perbedaan. Tidak pernah ada upgrade sistem operasi yang melibatkan transfer data yang banyak. Beberapa HP jadul sudah memiliki fitur update, namun sangat jarang dilakukan bahkan sudah tidak pernah lagi.
Smartphone Android sesekali melakukan update, terutama untuk aplikasi yang terinstal, belum lagi perbaikan fitur, upgrade OS dalam rentan waktu tertentu, dan pembaharuan lainnya yang sangat menyiksa kuota internet dan energi baterai.

Memangnya TS pakai handphone apa?
Saya sendiri bukan pengguna smartphone, hingga saat ini saya menggunakan handphone dengan sistem operasi symbian. Nokia Asha 210:

Kenapa gak ganti ke smartphone a

ja?

Alasan utama mengapa saya tidak ganti ke smartphone adalah karena HP ini masih awet :v
Selain itu, saya juga tidak tertarik melakukan aktivitas multimedia di ponsel, saya lebih gemar melakukannya di komputer.
Bagusan mana HP jadul sama smartphone?
Tergantung melihat dari segi apa dulu. Saya cenderung pakai handphone untuk nelpon dan SMS saja, kadang juga browsing tapi gak terlalu sering. Jadi, saya memilih HP yang notabenenya bukan smartphone.
Tetapi jika sobat ingin menggunakannya untuk bermain game, multimedia, browsing cepat, dan social media maka tak ada salahnya memilih smartphone.
Segala sesuatu ada kekurangan dan kelebihannya, intinya gunakan dengan bijak 🙂

(Sumber: http://cronosal.blogspot.co.id/)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di ARTIKEL, HandPhone. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s